by

Ternyata Inilah Doa Buka Puasa Sunnah yang Benar dan Dijamin Pahala

Puasa yang berkah adalah yang sesuai aturan dari syariat. Maka dari itu, kamu harus paham soal doa dan lainnya.

Berbuka puasa wajib dilakukan. Dan yang lebih penting kamu harus pahami doa yang benar sesuai dengan tuntunan dari nabi. Ya, karena jika tidak, maka kamu tidak akan dapat apa-apa. Tapi jika sesuai sunnah, kamu dapat pahala.

Lalu bagaimana sih doa buka puasa yang sesuai sunnah?

Terkabulnya doa adalah harapan dari setiap muslim. Sehingga seharusnya kamu perhatikan walau hanya doa buka puasa sunnah yang sesuai hadis.

Doa yang akan Jana hadirkan, adalah doa buka puasa sunnah dan juga doa buka puasa ramadhan yang sahih. Sehingga bisa dipakai pada keduanya. Lalu bagaimana? kita masuk saja ke ulasanya yuk. Mulai dari jenis doa yang ada di masyarakat lalu kita kaji lagi kapan sih doa itu dibaca? yuk simak.

Kumpulan Doa Buka Puasa yang Sesuai Sunnah

Yang pertama perlu kamu tahu, doa berbuka puasa ada beberapa macam. Namun inilah yang harus kamu perhatikan.

Tidak semua doa yang ada merupakan tuntunan nabi.

Derajat hadisnya juga bisa dicek. Dan inilah dia beberapa doa berbuka puasa sesuai sunnah dan tidak.

Doa Buka Puasa Pertama

Dalam sebuah hadis disebutkan,

Dari Mu’adz bin Zuhrah, sesungguhnya telah sampai riwayat kepadanya bahwa sesungguhnya jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka puasa, beliau membaca (doa), ‘Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu-ed’ (ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka). 

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Abu Daud, dan dinilai dhaif oleh Syekh al-Albani dalam Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud.

Doa Buka Puasa Kedua

Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa ‘ala rizqika afthortu” (Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rizki-Mu aku berbuka).”

Mulla ‘Ali Al Qori mengatakan, “Tambahan ‘wa bika aamantu‘ adalah tambahan yang tidak diketahui sanadnya, walaupun makna do’a tersebut shahih.”

Dari keterangan para ulama, bahwa doa yang ada di atas tidaklah benar. Dan tidak bisa diamalkan. Karena hadisnya tidak sahih alias lemah.

Lalu bagaimana doa buka puasa yang sesuai hadis? mari kita simak ulasan hadisnya di bawah ini.

Doa buka puasa sesuai hadis nabi pertama

“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah

Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki

(Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678) [7]

Doa buka puasa sesuai hadis nabi kedua

“Allahumma inni as-aluka bi rohmatikal latii wasi’at kulla syain an taghfirolii”

Ya Allah, aku memohon rahmatmu yang meliputi segala sesuatu, yang dengannya engkau mengampuni aku

(HR. Ibnu Majah: 1/557, no. 1753; dinilai hasan oleh al-Hafizh dalam takhrij beliau untuk kitab al-Adzkar; lihat Syarah al-Adzkar: 4/342) [8].

Kapan doa tersebut dibaca?

Beberapa dari kita mungkin bingung, bahkan ada yang mengira kalau doa itu dibaca sebelum makan sebagai pengganti bismillah.

Namun anggapan itu salah.

Syaikh Ibnu ‘Utsaimin menegaskan, “Doa ini shahih, doa ini dibaca setelah berbuka. Yaitu doa: Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu…dst. doa ini tidak dibaca kecuali setelah selesai berbuka.” (Al-Liqa As-Syahri, no. 8, dinukil dari Islamqa.com)

Jadi, sudah paham bukan? kalau diurutkan begini:

1. Ambil Sebiji Kurma

2. Baca bismillah

3. Setelah makan kurma baru baca doa, “Dzahabadzumaau…”

Sudah paham bukan? tentu saja sudah. Karena Jana sudah hadirkan semuanya dengan baik dan diurai juga urutannya.

Kesimpulan:

Doa buka puasa sunnah dan wajib ternyata sama. Dan kita biasanya membaca doa buka puasa hanya ketika puasa ramadhan saja.

Namun seharunya membaca doa buka puasa pada puasa sunnah atau wajib. Jadi, doa yang Jana hadirkan bisa dipakai untuk puasa Senin Kamis atau ramadhan. Namun begitu, doa yang benar sesuai hadis nabi adalah yang admin berikan di ulasan kedua, yakni “Dzahabadzdumaau….”

Semoga informasi ringkas ini bermanfaat buat Anda semua. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Semoga kita bisa bertemu lagi. Salam.

Comment

Informasi Terbaru