by

Es Kopyor Tanpa Santan, Menu Mudah dan Sehat untuk Buka Puasa

Es Kopyor adalah salah satu dari sekian menu buka puasa terpopuler. Pokoknya menu es rasanya disukai banget. Nah, kadang orang bingung saja variasinya. Makanya kali ini Jana hadirkan buat kalian semua menu tersebut agar bisa jadi rujukan menarik.

Ok, bagi yang sedang mencari menu minuman buka puasa, ini bisa dicoba. Selain membuatnya simpel dia juga sangat murah biayanya. Sehat lagi.

Jika sedang mencari ide buka puasa sehat dan murah biayanya, es kopyor saja. Cara membuatnya mudah. Dan sudah pasti praktis. Soal resep dan tahapan membuatnya simak saja pada ulasan yang sudah Jana hadirkan.

Baca juga:

Menu es kopyor tentu disukai banyak orang. Segar dan menyehatkan juga. Jadi, jika kamu ingin pembuka untuk buka puasa yang simpel inilah dia. Resep es kopyor yang akan Jana hadirkan juga simpel. Tanpa santan. Mudah bukan?

Resep Es Kopyor

Es kopyor bisa  dibuat dari banyak macam buah. Bahkan paling simpel, bisa dibuat dari nutrijel. Selain itu tergantung selera saja.

Tapi, kalian juga bisa memodifikasi menjadi sedemikian rupa, agar lebih enak dan menarik.

Es kopyor memang identik dengan santan. Kali ini Jana akan ubah menjadi tanpa santan agar lebih menarik.

Bagaimana cara membuatnya? simak saja terus dalam resep yang akan Jana hadirkan. Apa saja bahannya? kita simak saja langsung di bawah ini, agar lebih paham ikuti semua step yang Jana tuliskan.

Resep Es Kopyor Buah Tanpa Santan

Kita akan menggunakan satyu buah saja agar simpel dan praktis. Selain itu, kita juga tidak akan memakai santan. Tapi kita ganti dengan susu. Lah, kalau tidak pakaia susu?

Boleh tidak pakai susu. Intinya sih gula dan buah saja sudah jadi. Mudah bukan?

Es kopyor entah asalnya dari mana. Dan sampai saat ini seakan menjadi indentik dengan bulan ramadhan. Kalau kamu lahir tahun 1980 atau 1990 tentu akan mengalami masa nikmat, ketika buka hanya dengan es kopyor atau es teler.

Ada yang menyebut, asal-usul es ini dari Jawa Tengah. Bahan utamanya adalah kelapa kopyor makanya disebut es kopyor, ya, dulunya pakai kelapa saja.

Tapi seiring dengan perkembangan zaman kemudian banyak yang memodifikasi. Sekarang kita praktekkan saja dengan buah. Cek dan tulis bahannya.

Bahan:

  • 250 gram mangga matang
  • 100 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • Air 200 cc
  • Susu kental manis 500 cc
  • Batu es secukupnya

Cara Membuat Es Kopyor

  • Kupas mangga sampai bersih. Kemudian iris dan potong kotak lalu sisihkan
  • Ambil gula pasir, air dan pandan lalu rebus hingga gula mencair. Jika sudah sisihkan
  • Jika semua sudah siap saatnya kita sajikan. Caranya ambil buah mangga yang sudah dipootong, taruh di atas mangkok atau gelas besar.
  • Berikan air gula secukupnya. Tambahkan susu kental manis sesuai selera.
  • Jika sudah, terakhir tambahakan batu es dan tambahkan air matang
  • Tes rasa, jika sudah pas, silakan nikmati. Es kopyor sudah selesai

Selesai sudah sajikan es kopyor di hari ini. Jangan lupa untuk selalu update berita ataupun resep menarik dari Jana. Karena Jana akan terus menulis yang terbaik buat kalian semua.

Itulah resep es kopyor tanpa santan yang bisa Jana hadirkan buat kalian semua dalam kesempatan kali ini. Jangan lupa klik share. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Comment

Informasi Terbaru