by

Resep Kolak Ubi yang Enak dan Biaya Murah

Resep kolak ubi biasanya banyak dicari ketika bulan ramadhan. Iya, bahkan Jana pun biasanya begitu. Maka dalam kesempatan kali ini Jana akan berbagi soal kolak ubi.

Mulai dari cara membuat kolak ubi sampai soal bahan lainnya. Sekarang apa sih enaknya kolak ubi? rasanya di bulan ramadhan tidak ada yang tidak kenal dengan yang satu ini. Karena di banyak tempat biasanya menyajikannya. Nah, memang sensasi rasa manis dan ubi yang empuk akan menjadi semakin nikmat ketika dimakan saat buka puasa.

Jika Anda sedang mencari resep kolak ubi yang simpel, cocok banget. Kali ini Jana akan ulas cara dan bahannya. Mana sih yang paling enak dan paling mudah dibuat? sebelum melanjutkan Jana ajak kalian untuk membaca informasi berikut.

Baca juga:

Resep Kolak Ubi Praktis

Kolak ubi kadang disandingkan dengan kolang-kaling. Atau bisa juga dengan lainnya sih. Tapi rasanya kolak jika disangingkan dengan dua buah atau bahan berbeda kurang bagus.

Di setiap daerah punya kolak. Di Jawa Barat ada yang menyebut Kolek, di Jakarta ada yang menyebut Golak. Apapun itu, intinya atau konsep pembuatannya sama saja kok. Bahkan saling melengkapi. Kali ini Jana akan mengulas banyak tapi kalau soal varian kolak, Jana akan pisahkan saja.

Untuk bisa membuat kolak, kamu perlu paham juga sih soal varian.

Mulai dari kolak kolang-kaling, ubi, kolak pisang yang enak. Dan juga kolak yang lainnya.

Untuk bisa membuatnya juga mudah. Di Jawa Tengah lazim kolak memakai bahan ubi dan pisang. Ada ubi kayu ada juga ubi tanam atau ketela.

Nah, tergantung mau pakai yang mana. Cara membuatnya juga mudah banget. Tidak butuh waktu lama atau keahlian khusus. Sekarang kita praktek saja bagaimana? biar lebih cepat.

Kan sebentar lagi mau buka puasa.

Resep Kolak Ubi Enak dan Mudah

Untuk membuat kolak ubi yang pertama harus kamu lakukan adalah menyiapkan bahannya. Lalu bahan apa saja sih? mudah saja kok.

Bahan utama yang harus kamu siapkan tentu saja ubi. Sedikit tip belilah ubi yang masih muda dan tidak keras. Lalu jangan lupa juga agar membersihkan ubi dengan baik.

Bahan lain tentu saja santan atau susu. Secara terperinci silakan cek di bawah ini.

Yuk simak saja segera mulai dari bahan.

Bahan:

  • 500 gram ubi kuning
  • 200 ml santan
  • 1 sachet vanili
  • 5 keping gula merah
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm tepung maizena

Cara Membuat kolak ubi

  • Pertama potong ubi jalar atau ketela. Lalu bersihkan dan sisihkan jika sudah dicuci
  • Setelahnya siapkan wajan dengan air. Masukkan santan penuh aduk agar tidak pecah
  • Tambahkan gula merah, vanili tepung maizena atau bisa diganti dengan tepung kanji
  • Setelah semua masuk tambahkan ketela
  • Aduk lalu rebus sampai mendidih hingga ketela empuk
  • Cicipi kalau kurang manis bisa tambahkan gula lagi.

Bagaimana mudah bukan? resep kolak ubi ini mudah banget. Bahkan tidak perlu lama, sehingga kalian bisa langsung cek dan praktek.

Kalau ada pertanyaan bisa kok tulis di kolom komentar. Jana dengan senang hati akan membantumu. Ok, sampai di sini dulu informasi yang bisa Jana hadirkan. Kalau memang bermanfaat langsung saja klik share. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Comment

Informasi Terbaru